Pelajaran Berharga Dari Milan

isu transfer coutinho
Jangan Jual Coutinho, Barca!
July 1, 2019
Mengintip Bisnis Cristiano Ronaldo yang Bisa Kita Contoh!
July 9, 2019

Pelajaran Berharga Dari Milan

Nasib naas sedang menimpa AC Milan. Mantan klub Andrea Pirlo ini resmi didiskualifikasi dari ajang Liga Europa musim 2019-2020. Sebab musabab keputusan ini adalah pelanggaran yang dilakukan Milan sendiri atas aturan Financial Fair Play (FFP).

Duduk di posisi kelima Liga Serie A membuat Milan seharusnya bisa tampil pada pagelaran bergengsi itu. Sayangnya keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) tidak bisa diganggugugat, dan Milan harus menerima keputusan untuk tak tampil di kasta kedua Eropa itu. Sebabnya jelas, Milan tidak mampu menyeimbangkan neraca keuangan klub pada periode 2014-2017 dan periode 2015-2018 di mana Milan masuk pengawasan khusus.

Milan konon mengalami kerugian di atas batas minimal yang ditetapkan yakni sebesar 30 juta euro. Dan hingga pertengahan 2019 Milan tidak bisa membuktikan apapun atas kerugiannya itu.

Salah Langkah

Kerumitan ini sebenarnya bisa dilacak dari manajerial AC Milan sendiri. Ketika Silvio Berlusconi gagal menjadi perdana menteri dan menjadi tersangka penggelapan pajak. AC Milan yang kala itu berada dalam masa krisis mendapat angina segar ketika Li Yonghong mengakuisisi klub.

Namun kedatangan Li Yonghong tidak memberi apapun. Justeru memberikan efek buruk karena Li Yonghong sendiri adalah figure yang bermasalah. Li Yonghong yang sebelumnya dikenal sebagai pengusaha fosfat di China ternyata hanya isapan jempol. Perusahaan yang diklaim Li, Guangdong Lion Asset Management, bukanlah miliknya. Uang yang dikeluarkan untuk mengakuisisi juga bukan uang pribadi Li. Proses akuisisi itu memang melalui Li tetapi perannya lebih pada hitam di atas kertas. Yang sebenarnya adalah bahwa Li meminjam dari Elliot Management, firma perusahaan Amerika Serikat. Mengapa demikian? Li awalnya ingin membeli Milan lewat pemerintah China yang memang sedang berinvestasi jor-joran di bisang sepak bola. Namun kondisi China hari ini tidak memungkinkan karena investasi luar negeri itu akan menimbulkan guncangan di Negara mereka sendiri. Jadilah Li membeli team yang sedang lama krisis itu dengan dana pinjaman.

Ancaman

Ada ancaman serius ketika mendapatkan hukuman seperti ini. Para pemain yang memiliki talenta akan berpikir ulang masa depannya. Tentu saja mereka tidak menolak mentah-mentah jika ada pinangan klub lain, seperi yang dialami Donaruma yang tengah dibidik rival mereka, Juventus. Dalam situasi seperti ini memang sangat sulit mempertahankan pemain. Faktor gaji, kesempatan bermain, dan gelar prestisius menjadi hal yang belum jelas di Milan.

Ini pelajaran berharga dari milan. Sebuah team yang sempat berjaya di tahun 90-an kini diancam krisis di berbagai lini. Bukan tidak mungkin hal yang sama juga akan dialami oleh klub lain. Apa yang melanda Milan membuktikan bahwa sepak bola hari ini –mau tak mau- adalah juga tentang manajemen sepak bola.

Comments are closed.